Monday, December 8, 2008

Gereja Katolik Surabaya Bagikan 600 Paket Daging Kurban

By Republika Contributor
Selasa, 09 Desember 2008 pukul 00:58:00


SURABAYA -- Gereja Katolik Santo Aloysius Gonzaga Surabaya, Jawa Timur ikut merayakan Hari Raya Iduladha dengan membagikan 600 paket daging kurban kepada kaum "dhuafa" (masyarakat miskin) di Surabaya, Senin.

Pastor Paroki (PR) Gereja Katolik Santo Aloysius Gonzaga Surabaya, Romo Harjanto Prajitno mengatakan, penyembelihan hewan kurban dan membagikan daging ke masyarakat miskin di sekitar gereja tersebut merupakan kegiatan tahunan yang biasa digelar oleh Forum Komunikasi Masyarakat Pelangi (FKMP) yang terdiri dari gabungan umat tanpa memandang asal-usul agama."Tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan antara umat Islam dan Kristen di Surabaya," katanya.

Menurut dia, persaudaraan sejati itu meliputi lintas agama dan sosial. Untuk itu, ia berpesan agar semua umat beragama menghilangkan sekat-sekat itu karena semuanya sama-sama ciptaan Tuhan.FKMP sendiri, kata dia, secara rutin mengambil tempat di gereja agar masyarakat mampu hidup berdampingan dan terbiasa menerima perbedaan.

Melalui momen Iduladha, menurut Romo Harijanto, menekankan inti kerelaan berbagi dalam kehidupan umat beragama. Untuk itu, ia mengimbau semua umat beragama agar peka terhadap lingkungan termasuk para tetangga yang belum tentu memiliki keyakinan yang sama.Kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat penerima kurban seperti halnya yang diungkapkan salah satu warga Tanjungsari, Surabaya, Masripah yang mengaku senang karena masih ada yang mau peduli padanya."Saya bersyukur tahun ini masih dapat daging kurban, walaupun ini dari gereja," katanya.

Panitia sendiri menyiapkan 600 paket daging kurban kepada keluarga penerima paket daging kurban. Penerima daging kurban meliputi kawasan Tanjungsari, Sukomanunggal dan Donowati.Hingga tahun ini FKMP sudah melaksanakan delapan kali pembagian daging kurban di Gereja Katolik Santo Aloysius Gonzaga Surabaya.ant/kp

1 comment:

I Komang said...

Semua KEBOHONGAN DAN KESESATAN ISLAM DIUNGKAPKAN DI BLOG INI -> BLOG MANTAN MUSLIM INDONESIA (klik disini)