Saturday, January 17, 2009

SEPUTAR QUNÛT NÂZILAH

Abû Salmâ al-Atsarî
الحمد لله، والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد:
Peristiwa pembantaian dan penyerangan muslim Palestina di jalur Gaza oleh
bangsa Yahudi terlaknat telah memasuki hari ke-13 (Jum’at, 9 Januari 2009).
Tidak kurang dari 750 orang telah meninggal dunia, dan sebagian besarnya
adalah anak-anak dan kaum wanita. Maka wajib bagi setiap muslim untuk
memberikan pertolongan dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Di
antara bentuk nushroh (pertolongan) yang besar bagi saudara-saudara kita
adalah dengan cara mendoakan mereka di setiap kesempatan, diantaranya
adalah dengan qunût nâzilah.
Beberapa negeri Islam telah menegakkan dan melaksanakan qunût nâzilah.
Beberapa hari lalu Syaikh Su’ûd Syuraim telah membacakan qunût nâzilah.
Para ulama juga telah menfatwakan untuk memberikan pertolongan terhadap
saudara-saudara kita kaum muslimin yang tertindas dengan doa dan qunût
nâzilah, diantaranya adalah al-Lajnah ad-Dâ`imah secara umum dan Syaikh
‘Abdul Karîm al-Khudair secara khusus. Majelis Ulama Indonesia, di dalam
Pernyataan Sikapnya terhadap agresi Yahudi kepada kaum muslimin Palestina
juga menyerukan pembacaan qunût nâzilah di setiap sholat wajib. (Sumber :
http://www.mui.or.id/konten/berita/mui-tindak-tegas-israel)
Melihat begitu urgen dan diperlukannya pembahasan ini, terlebih masalah ini
masih belum diketahui oleh sebagaian kaum muslimin, serta sebagai bentuk
turut andil di dalam menyebarkan sunnah dan pembelaan terhadap kaum
muslimin Palestina, maka saya turunkan seputar konsep qunût nâzilah yang
benar –insyâ Allôh- menurut sunnah Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam secara
ringkas. Dengan memohon taufiq kepada Allôh Subhânahu wa Ta’âlâ, saya
memulai pembahasan ini :
Definisi Qunût Nâzilah
Qunût berasal dari kata qonata – yaqnutu – qunûtan (  ) yang berarti
ta’at, merendahkan diri, patuh, berdiri dalam sholat, diam di dalam beribadah,
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 2
do’a, tasbih dan khusyu’. Sedangkan yang dimaksud di sini adalah do’a tertentu
yang dilakukan sebelum ruku’ atau setelah ruku’
Nâzilah adalah bentuk mufrad (singular) dari nawâzil. Artinya adalah :
“keadaan genting di masa yang penuh kesulitan” (lihat Kisyâful Qinâ’ : I/421).
Jadi, qunût nâzilah artinya adalah doa khusus yang dipanjatkan di saat sholat
di saat kaum muslimin mengalami suatu musibah atau bencana, agar Allôh
menolong dan memberikan kaum muslimin kemenangan, serta menghancurkan
dan membinasakan kaum kafir yang telah berlaku aniaya kepada kaum
muslimin.
Waktu dibacakannya qunût nâzilah
Qunût nâzilah disyariatkan untuk dibaca di setiap sholat lima waktu selama
sebulan. Dalilnya adalah hadits-hadits nabi yang mulia ‘alaihi ash-Sholâtu was
Salâm sebagai berikut :
Dari Ibnu ‘Abbâs Radhiyallâhu ‘anhu beliau berkata :
َقن  ت  ر  سو ُ ل اللَّهِ  صلَّى اللَّه  عَليهِ  و  سلَّ  م ش  هرا متتابِعا فِي الظُّ  هرِ  واْلع  صرِ  واْلم غرِبِ  واْلعِ  شاءِ  و  صَلاةِ ال  صبحِ فِي دبرِ
مِ  ن الر ْ كعةِ اْلآخِرةِ ي  د  عو  عَلى َأ  حياءٍ مِ  ن بنِي  سَليمٍ  عَلى رِ  علٍ « سمِ  ع اللَّه لِ  م  ن  حمِ  ده  » ُ كلِّ  صَلاةٍ إَِذا َقا َ ل
 وَذ ْ ك  وا َ ن  و  ع  صيَة  وي  ؤم  ن م  ن  خْلَفه
“Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam melakukan qunût selama sebulan
berturut-turut di waktu zhuhur, ashar, maghib, isya’ dan shubuh, di akhir
waktu setiap sholat setelah beliau membaca sami’allâhu liman hamidahu pada
rakaat terakhir untuk mendoakan keburukan bagi bani Sulaim, Ri’lin, Dzakwân
dan ‘Ushoyyah. Lalu makmum di belakang mengaminkannya.” (HR Imam
Ahmad dan Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albânî di dalam Shahih Sunan Abî
Dâwûd 1443)
Dari Anas bin Mâlik Radhiyallâhu ‘anhu beliau berkata :
َأنَّ النبِ  ي  صلَّى اللَّه  عَليهِ  و  سلَّ  م َقن  ت  ش  هرا يْلع  ن رِ  علاً  وَذ ْ ك  وا َ ن  و  ع  صيَة  ع  ص وا اللَّه  و  ر  سوَله
“Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam melakukan qunût selama sebulan, beliau
mengutuk bani Ri’lan, Dzakwân dan ‘Ushoyyah yang telah membangkang
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 3
terhadap Allôh dan Rasul-Nya” (Muttafaq ‘Alaihi dan lafazh hadits atas adalah
lafazh Muslim)
Qunût Nâzilah disyariatkan ketika ada sebab bencana
Abû Hurairoh Radhiyallâhu ‘anhu menceritakan :
ُث  م  رَأي  ت  ر  سو َ ل اللَّهِ صلى الله عليه وسلم تر  ك ال  د  عاءَ ب ع  د َفُقْل  ت ُأ  رى  ر  سو َ ل اللَّهِ  صلَّى اللَّه  عَليهِ  و  سلَّ  م َق  د تر  ك
ال  د  عاءَ َل  ه  م َقا َ ل َفقِي َ ل  وما ترا  ه  م َق  د َقدِموا
“Kemudian aku melihat Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam
meninggalkan doa qunût setelah itu (setelah bencana tidak ada lagi). Lantas
aku menyampaikan bahwa aku melihat Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa
Sallam telah meninggalkan do’a bagi kaum muslimin (yang teraniaya), dan ada
orang bertanya, apakah Anda melihat bahwa mereka (yaitu al-Walîd dan
rombongannya) telah tiba (di Madinah dengan selamat)” (HR Muslim)
Ibnul Qoyyim rahimahullâhu berkata :
إنما قنت عند النوازل للدعاء لقوم، وللدعاء على آخرين، ثم تركه لما قدم من دعا لهم، وتخلصوا من الأسر
“Sesungguhnya qunût dilaksanakan ketika tertimpa bencana untuk mendoakan
(keselamatan) bagi kaum muslimin dan mendoakan (kehancuran) bagi musuhmusuh
mereka. Kemudian Nabi meninggalkan doa qunût setelah kaum
muslimin mendapatkan keselamatan dan terbebas dari keburukan.” (Zâdul
Ma’âd : I/272)
Ibnu Taimiyah rahimahullâhu berkata :
القنوت مسنون عند النوازل، وهذا القول هو الذي عليه فقهاء أهل الحديث، وهو المأثور عن الخلفاء الراشدي
“Qunût disunnahkan ketika tertimpa bencana. Dan ini merupakan pendapatnya
ahli fikih dari kalangan ahli hadits, dan qunût ini ma’tsûr (ada riwayatnya) dari
al-Khulafâ` ar-Râsyidîn” (Majmû’ al-Fatâwâ 23/108).
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 4
Qunût tidak hanya dilakukan di waktu Shubuh
Qunut tidak hanya dilakukan pada watu shubuh, namun waktu yang paling
sering Rasulullah melakukan qunut di dalamnya adalah di waktu shubuh.
Ibnu Taimiyah rahimahullâhu berkata :
فيشرع أن يقنت عند النوازل يدعو للمؤمنين ويدعو على الكفار في الفجر وغيرها من الصلوات، وهكذا كان
عمر يقنت لما حارب النصارى بدعائه الذي فيه ( اللهم العن كفرة أهل الكتاب )
“Disyariatkan melakukan qunût nâzilah di kala tertimpa bencana, mendoakan
kebaikan bagi kaum muslimin dan keburukan bagi kaum kuffar, baik di waktu
shubuh atau waktu-waktu sholat lainnya. Beginilah ‘Umar tatkala beliau
memerangi kaum nasrani, beliau melakukan qunût dan berdoa : “Ya Allôh,
laknatlah kaum kafir ahli kitab”. (Majmû’ al-Fatâwâ 22/270).
Ibnu Taimiyah rahimahullâhu berkata :
وأكثر قنوته يعني النبي صلى الله عليه وسلم كان في الفجر
“Waktu qunût yang paling sering dilakukan oleh Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa
Sallam adalah pada waktu shubuh.” (Majmû’al- Fatâwâ : 22/269)
Ibnul Qoyyim rahimahullâhu berkata :
وكان هديه صلى الله عليه وسلم القنوت في النوازل خاصة، وت  ر َ كه عند عدمها، ولم يكن يخصه بالفجر، بل
كان أكثر قنوته فيها
“Petunjuk Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam di dalam melakukan qunût
adalah mengamalkannya ketika ditimpa bencana secara khusus dan
meninggalkannya ketika bencana sudah tidak ada. Beliau tidak
mengkhususkannya hanya di waktu shubuh, namun waktu yang paling sering
beliau melakukan qunût adalah di waktu shubuh.” (Zâdul Ma’âd : 1/273)
Kapankah dibacakan qunût nâzilah, sebelum atau setelah ruku’?
Telah tetap dari Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam bahwa qunût dapat
dilaksanakan sebelum atau setelah ruku’, walau yang paling sering dilakukan
Nabi adalah setelah ruku’. Sebagaimana dalam riwayat-riwayat berikut :
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 5
عن أنس أنه سئل: أقنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في الصبح؟ قال: نعم، فقيل: أوقنت قبل الركوع أو
بعد الركوع؟ قال: بعد الركوع يسيرا
Dari Anas Radhiyallâhu ‘anhu beliau ditanya : “Apakah Rasulullah Shallallâhu
‘alaihi wa Sallam melakukan qunût di waktu shubuh?” Beliau menjawab, “iya”.
Lantas beliau ditanya lagi : “Beliau melakukan qunût sebelum atau setelah
ruku’?”. Beliau menjawab : “Setelah ruku’ dengan bacaan ringan.” (Muttafaq
‘alaihi)
عن أنس أنه سئل عن القنوت بعد الركوع أو عند الفراغ من القراءة؟ قال: لا بل عند الفراغ من القراءة.
Dari Anas Radhiyallâhu ‘anhu beliau ditanya tentang masalah qunût, apakah
dilakukan setelah ruku’ ataukah setelah membaca al-Qur`ân (sebelum ruku’)?
Beliau menjawab : “dilakukan setelah membaca al-Qur`ân.” (HR Bukhârî)
Anas Radhiyallâhu ‘anhu juga berkata :
كنا نقنت قبل الركوع وبعده
“Kami pernah melakukan qunût sebelum dan setelah ruku’”
Kesemua hadits di atas menunjukkan bahwa qunût boleh dilakukan sebelum
atau setelah ruku’. Dan yang paling sering dilakukan oleh Nabi Shallallâhu
‘alaihi wa Sallam adalah melakukannya setelah ruku’.
Disyariatkannya melakukan Qunût Nâzilah secara ringan dan ringkas
Disunnahkan untuk tidak memperpanjang do’a qunût, dan mencukupkan
dengan do’a-do’a yang inti saja, yaitu untuk menolong dan menyelamatkan
kaum muslimin dari bencana dan do’a untuk menghancurkan dan
menceraiberaikan kaum kuffar. Hal ini sebagaimana di dalam riwayat Anas bin
Mâlik Radhiyallâhu ‘anhu ketika beliau ditanya :
 ه ْ ل َقن  ت  ر  سو ُ ل اللَّهِ  صلَّى اللَّه  عَليهِ  و  سلَّ  م فِي  صَلاةِ ال  صبحِ
“Apakah Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam melaksanakan qunût di
sholat shubuh?”
Beliau Radhiyallâhu ‘anhu menjawab :
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 6
نع  م ب ع  د الر ُ كوعِ يسِ  يرا
“Iya, setelah ruku dengan bacaan yang ringan.” (HR Muslim)
Hadits di atas menunjukkan bahwa Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam
melaksanakan qunût dengan bacaan yang ringkas dan ringan, tidak
memperpanjangnya.
Imam disunnahkan mengeraskan bacaan qunût dan makmum
mengaminkannya
Sebagaimana di dalam hadits Abû Hurairoh Radhiyallâhu ‘anhu :
َأنَّ  ر  سو َ ل اللَّهِ صلى الله عليه وسلم َ كا َ ن إَِذا َأ  راد َأ ْ ن ي  د  ع  و  عَلى َأ  حدٍ َأو ي  د  ع  و لأ  حدٍ َقن  ت ب  ع  د الر ُ كوعِ َفرب  ما
اللَّه  م  ربنا َل  ك اْل  ح  م  د اللَّ  ه  م َأنجِ اْل  ولِي  د ب  ن اْل  ولِيدِ  و  سَل  مَة ب  ن هِ  شامٍ  و  عيا  ش » َقا َ ل إَِذا َقا َ ل  سمِ  ع اللَّه لِ  م  ن  حمِ  ده
ي  ج  هر بِ َ ذلِ  ك  « ب  ن َأبِي  ربِيعَة اللَّ  ه  م ا  ش  د  د  و ْ طَأت  ك  عَلى م  ضر  وا  جعْل  ها سِنِ  ين َ كسِنِي يو  س  ف
“Bahwasanya Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam jika hendak berdoa
mendoakan keburukan atau kebaikan bagi seseorang setelah rukû’, seringkali
beliau mengucapkan setelah ucapan sami’allôhu liman hamidahu : Rabb kami,
segala pujian hanyalah milik-Mu. Ya Allôh selamatkanlah al-Walîd bin al-
Walîd, Salamah bin Hisyâm dan Ayyâsy bin Abî Rabî’ah. Ya Allôh, keraskanlah
adzab-Mu kepada bani Mudhor! Ya Allôh, turunkanlah paceklik kepada mereka
sebagaimana paceklik pada zaman Yusuf!” seraya mengeraskan bacaannya. (HR
Bukhârî)
An-Nawawî rahimahullâhu berkata :
وحديث قنوت النبي صلى الله عليه وسلم حين ُقتل القراء رضي الله عنهم يقتضي أنه كان يجهر به في جميع
الصلوات، هذا كلام الرافعي. والصحيح أو الصواب استحباب الجهر
“Hadits tentang qunûtnya Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam ketika
terbunuhnya para qurrô` Radhiyallâhu ‘anhum, menunjukkan wajibnya bahwa
beliau mengeraskan bacaan doanya di setiap waktu sholatnya, dan ini adalah
pendapat ar-Rafi’î. Pendapat yang paling benar dan tepat adalah sunnah
hukumnya mengeraskan bacaan.” (al-Majmû’ : 3/482)
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 7
Ibnu Hajar rahimahullâhu berkata :
وظهر لي أن الحكمة في جعل قنوت النازلة في الاعتدال دون السجود مع أن السجود مظنة الإجابة كما ثبت
(أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد) وثبوت الأمر بالدعاء فيه أن المطلوب من قنوت النازلة أن يشارك
المأموم الإمام في الدعاء ولو بالتأمين، ومن ثمَّ اتفقوا على أنه يجهر به
“Tampak padaku bahwa hikmah ditetapkannya qunût nâzilah di waktu i’tidâl
bukan sujud, padahal sujud adalah saat dikabulkannya doa sebagaimana dalam
hadits “keadaan seorang hamba yang paling dekat dengan Rabb-Nya adalah di
saat sujudnya”, dan diperintahkan doa di dalamnya adalah, bahwa yang dituju
dari dilaksanakannya qunût nâzilah adalah agar makmum dapat menyertai
imam di dalam berdoa dan mengaminkannya. Oleh karena itulah, para ulama
bersepakat untuk mengeraskan bacaan qunut.” (Fath al-Bârî : 2/570)
Disunnahkan mengangkat kedua tangan ketika berdoa qunût
Sebagaimana dalam hadits Anas Radhiyallâhu ‘anhu beliau berkata :
َفَلَق  د  رَأي  ت ر  سو َ ل اللَّهِ  صلَّى اللَّه  عَليهِ  و  سلَّ  م فِي  صَلاةِ اْلغ  داةِ  رَف  ع ي  ديهِ َف  د  عا  عَليهِ  م
“Aku melihat Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam sholat zhuhur
mengangkat kedua tangannya dan mendoakan keburukan bagi mereka (kaum
kafir).” (HR Ahmad dengan sanad yang shahih)
Dari Abu Râfi’ beliau berkata :
صليت خلف عمر بن الخطاب رضي الله عنه فقنت بعد الركوع، ورفع يديه، وجهر بالدعاء
“Aku pernah sholat di belakan ‘Umar bin Khaththâb Radhiyallâhu ‘anhu dan
beliau membaca qunût setelah ruku’ sembari mengangkat kedua tangannya dan
mengeraskan bacaan do’anya.” (Diriwayatkan oleh al-Baihaqî dalam Sunan al-
Baihaqî 2/212 dan mengatakan keshahihannya dari ‘Umar).
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 8
Tidak mengusap wajah setelah qunût
Tidak ada satupun dalil yang shahih yang menunjukkan disyariatkannya
mengusap wajah setelah qunut atau berdoa. Semua hadits yang datang tentang
mengusap wajah adalah hadits yang dha’if dan tidak bisa dijadikan hujjah.
Al-Baihaqî Rahimahullâhu berkata :
فأما مسح اليدين بالوجه عند الفراغ من الدعاء فلست أحفظه عن أحد من السلف في دعاء القنوت، وإن
كان يروى عن بعضهم في الدعاء خارج الصلاة، وقد روي فيه عن النبي صلى الله عليه وسلم حديث فيه
ضعف. وهو مستعمل عند بعضهم خارج الصلاة، وأما في الصلاة فهو عمل لم يثبت بخبر صحيح ولا أثر
ثابت، ولا قياس. فالأولى أن لا يفعله ويقتصر على ما فعله السلف رضي الله عنهم من رفع اليدين دون
مسحهما بالوجه في الصلاة وبالله التوفيق "
“Adapun mengusap wajah dengan kedua tangan setelah selesai berdoa qunut,
maka aku tidak menghapal ada satupun riwayat dari kaum salaf yang
mengamalkannya ketika berdoa qunut. Walaupun ada riwayat dari sebagian
mereka tentang mengusap wajah ketika berdoa di luar sholat. Juga
diriwayatkan dari Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam tentang hal ini namun
haditsnya dhaif. Hal ini diamalkan oleh sebagian mereka hanya di luar sholat.
Adapun di dalam sholat, maka ini adalah amal yang tidak ada hadits dan atsar
yang shahih menetapkannya, dan tidak pula qiyas. Yang lebih utama adalah
tidak mengamalkan hal ini (mengusap wajah) dan mencukupkan dengan
perbuatan salaf Radhiyallâhu ‘anhum yang mengangkat tangan mereka ketika
sholat tanpa mengusap wajah. Wabillahi at-Taufîq.” (Sunan al-Baihaqî 2/212)
Imam Nawawî rahimahullâhu mengomentari :
وله يعني البيهقي رسالة مشهورة كتبها إلى الشيخ أبي محمد الجويني أنكر عليه فيها أشياء من جملتها
مسحه وجهه بعد القنوت
“Baihaqî memiliki risalah yang terkenal yang ditulis kepada Syaikh Abu
Muhammad al-Juwainî, beliau mengingkarinya dalam banyak hal, diantaranya
tentang pendapatnya mengenai mengusap wajah setelah qunut.” (al-Majmû’
3/480)
Ibnu Taimiyah Rahimahullâhu berkata :
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 9
وأما مسح وجهه بيديه فليس عنه فيه إلا حديث أو حديثان لا يقوم ما حجة
“Adapun mengusap wajah dengan kedua tangan, maka tidak ada dalilnya
kecuali satu atau dua hadits yang tidak dapat dijadikan hujjah.” (Majmû’ al-
Fatâwâ 22/519)
Bolehkah mengamalkan qunût nâzilah tanpa izin ulil amri?
Tidak patut bagi imam masjid melaksanakan qunût melainkan setelah
mendapatkan izin dari ulil amri (penguasa dan ulama). Karena qunûtnya imam
masjid tanpa izin ulil amri dapat menimbulkan kekacauan. Apabila pintu ini
dibuka, niscaya akan ada orang akan merasa bahwa sekarang sedang terjadi
musibah besar dan sebagian lagi tidak. Semuanya menurut keyakinan dan
pendapatnya masing-masing. Sehingga dampaknya muncul perselisihan dan
pertikaian.
Sepatutnya dalam masalah-masalah besar yang berkaitan dengan umat,
hendaknya dibicarakan dengan dengan para ulama, meminta bimbingan dan
arahan mereka. Termasuk pula dalam masalah qunût nâzilah.
Mengamalkan qunût pada sholat jamâ’ah atau munfarid?
Para ulama berbeda pendapat tentang hal ini. Al-Qôdhî dan Ibnu Taimiyah
berpendapat bolehnya qunût pada sholat munfarid (al-Inshâf 2/175). Pendapat
yang râjih dan terpilih dalam hal ini adalah, mengamalkan qunût hanya pada
sholât jamâ’ah, bukan munfarid (sholat sendirian). Karena tidak ada dalil
shahih yang menunjukkan bahwa qunût nâzilah pernah dilakukan oleh
Rasulullah dan sahabatnya pada sholat munfarid.
Bagaimana qunût pada sholat jum’at?
Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Bahkan beberapa ulama
menjadikan masalah ini sebagai bab di dalam kitab-kitab mereka, seperti ‘Abdur
Razzâq di dalam Mushonnaf-nya bab al-Qunût Yaum al-Jum’ah, Ibnu Abî
Syaibah di dalam Mushonnaf-nya bab Fî Qunûti Yaum al-Jum’ah, Ibnul
Mundzir di dalam al-Awsâth bab Dzikrul Qunût fî al-Jum’ah, dan kesemua
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 10
ulama ini menyebutkan atsar para sahabat dan tabi’in yang meninggalkan
qunût pada sholat Jum’at. Namun, tidak ada dalil yang jelas bahwa qunût yang
ditinggalkan pada sholat Jum’at tersebut apakah qunût nâzilah atau bukan,
sehingga penunjukan keharamannya tidak jelas.
Al-Mardâwî mengatakan bahwa qunût diamalkan di seluruh sholat wajib
kecuali sholat Jum’at, dan ini adalah pendapat yang paling benar dari
madzhabnya. Al-Majd di dalam Syarh-nya dan Ibnu ‘Abdûs di dalam Tadzkirahnya
menyatakan tentang pelaksanaan qunût di sholat Jum’at.
Yang râjih adalah tidak diamalkan qunût pada sholât Jum’at, karena tidak ada
riwayat yang menunjukkan bahwa Nabi dan sahabat beliau melakukan qunût
pada hari Jum’at. Hukum asal di dalam ibadah adalah terlarang, sampai ada
dalil yang memalingkan larangannya.
Permasalahan ini, yaitu qunût di sholat munfarid dan sholat Jum’at, lebih
memerlukan pembahasan lebih jauh lagi. Wallôhu a’lam.
Tidak ada lafazh atau bacaan khusus di dalam qunût nâzilah
Qunût Nâzilah tidak memiliki bacaan doa tertentu, bacaannya sesuai dengan
keadaan bencana yang menimpa. Adapun bacaan Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa
Sallam : “Allôhummâ ihdinâ fîman hadaita...” dst, bacaan ini hanya dibaca Nabi
di qunût witir saja. Tidak ada satupun dalil yang menyebutkan bahwa Nabi
membaca doa ini pada qunût nâzilah.
Ibnu Taimiyah rahimahullâhu berkata :
فالسنة أن يقنت عند النازلة ويدعو فيها بما يناسب القوم المحاربين
“Yang sunnah adalah melakukan qunût di kala tertimpa bencana, dengan
membaca doa yang sesuai bagi kaum yang memerangi.” (Majmû’ Fatâwâ :
21/155)
Beliau rahimahullâhu juga berkata :
وينبغي للقانت أن يدعو عند كل نازلة بالدعاء المناسب لتلك النازلة.وإذا سمى من يدعو لهم من المؤمنين ومن
يدعو عليهم من الكافرين المحاربين كان ذلك حسنًا
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 11
“Sepatutnya bagi orang yang melakukan qunût untuk berdoa di kala tertimpa
bencana dengan doa yang sesuai dengan bencana tersebut. Apabila menyebut
nama kaum mukminin yang didoakan kebaikan atasnya dan menyebut nama
kaum kuffar yang memerangi kaum muslimin yang didoakan keburukan bagi
mereka, maka yang demikian ini lebih baik.”
Beliau rahimahullâhu berkata kembali :
“’Umar Radhiyallâhu ‘anhu melakukan qunût tatkala kaum muslimin ditimpa
oleh bencana. Beliau berdoa di dalam qunût dengan doa yang sesuai dengan
bencana tersebut, sebagaimana Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam ketika
melakukan qunût pertama kali, beliau mendoakan keburukan bagi kabilah Bani
Sulaim yang telah membunuh para pembaca al-Qur`an (Qurrô’), beliau
mendoakan keburukan bagi mereka yang sesuai dengan tujuannya. Kemudian
ketika Nabi melakukan qunût yang mendoakan keselamatan bagi para sahabat
Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam yang tertindas, beliau berdoa dengan doa
yang sesuai dengan tujuannya.
Sunnah Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam dan al-Khulafâ` ar-Râsyidîn
menunjukkan atas dua hal : Pertama, doa qunût itu disyariatkan ketika ada
sebab yang mengharuskannya, bukan sunnah yang senantiasa diamalkan di
dalam sholat. Kedua, doa di dalam qunût ini bukanlah doa yang sudah baku
lafazhnya. Namun doa di dalam qunût itu sesuai dengan keadaan dan
tujuannya. (Majmû’ Fatâwâ : 23/109)
Jadi, tidaklah mengapa apabila kita berdoa di dalam qunût dengan bacaan yang
sesuai dengan keadaan di zaman ini dengan meniru ushlub (gaya bahasa) Nabi
Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam, seperti misalnya :
اللهم أنج إخواننا المسلمين في العراق وفلسطين وأفغانستان والشيشان وكشمير، اللهم انصرهم ، اللهم اشدد
وطأتك على اليهود و النصارى والهندوس ومن شايعهم وأعام، اللهم العنهم اللهم اجعلها عليهم سنين
كسني يوسف
“Ya Allôh, selamatkanlah saudara-saudara kita kaum muslimin di Iraq,
Palestina, Afghanistan, Chechnya dan Kasymir. Ya Allôh tolonglah mereka. Ya
Allôh, keraskanlah adzab-Mu kepada Yahudi, Nasrani, Hindu dan siapa saja
yang menyokong dan menolong mereka. Ya Allôh laknatlah mereka dan
turunkanlah paceklik kepada mereka sebagaimana paceklik pada zaman Yusuf.”
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 12
Lafazh di atas serupa dengan lafazh bacaan doa Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa
Sallam yang diriwayatkan oleh Abû Hurairoh ketika beliau qunût mendoakan
keselamatan bagi sahabat beliau yang teraniaya dan ditahan kaum kafir untuk
berhijrah. Mereka disiksa, dilukai, dan diancam oleh kaum kafir ketika itu.
Diantara mereka adalah ‘Ayyâsy bin Abî Rabî’ah, al-Walîd bin al-Walîd dan
Salamah bin Hisyâm. Beliau ketika itu membaca :
اللَّ  ه  م َأنجِ  عيا  ش ب  ن َأبِي  ربِيعَة اللَّ  ه  م َأنجِ الْ  ولِي  د ب  ن اْل  ولِيدِ اللَّ  ه  م َأنجِ  سَل  مَة ب  ن هِ  شامٍ اللَّ  ه  م َأنجِ اْل  م  ست  ضعفِ  ين مِ  ن
اْل  م  ؤمِنِين اللَّ  ه  م ا  ش  د  د  و ْ طَأت  ك  عَلى م  ضر اللَّ  ه  م ا  جعْل  ها  عَليهِ  م سِنِ  ين َ كسِنِي يو  س  ف
“Ya Allôh, selamatkanlah ‘Ayyâsy bin Abî Rabî’ah! Ya Allôh, selamatkanlah al-
Walîd bin al-Walîd! Ya Allôh, selamatkanlah Salamah bin Hisyâm! Ya Allôh,
selamatkanlah kaum mukminin yang tertindas. Ya Allôh, keraskanlah adzab-
Mu kepada bani Mudhor! Ya Allôh, turunkanlah paceklik kepada mereka
sebagaimana paceklik pada zaman Yusuf.” (HR Bukhârî).
Sungguh, meniru ushlub Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam adalah lebih baik,
walaupun membaca doa yang ushlub-nya berbeda namun sesuai dengan kondisi
tidaklah mengapa.
Beberapa kekeliruan dalam masalah bacaan qunût
Ada beberapa kekeliruan di dalam masalah bacaan qunût yang perlu
diluruskan, diantaranya :
1. Membaca doa Allôhummâ-hdinâ fîman hadaita dst. Hal ini hanya untuk
qunût witr, bukan qunût nâzilah.
2. Melazimkan dan menyenantiasakan bacaan sholawat kepada Nabi
Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam di akhir bacaan doa qunût. Hal ini tidak ada
dalil dan tuntunannya dari Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam. Adapun
riwayat yang ma’tsûr dari para sahabat tentang sholawat adalah pada
bacaan qunût witir.
3. Membaca doa dengan konteks yang salah, seperti misalnya memintakan
adzab kepada Yahudi dan kaum kuffar, ditutup dengan Ya Arhamar
Râhimîn (wahai Dzat yang maha pengasih) atau semisalnya. Hal ini tidak
benar sebab tawassul dengan sifat rahmah tidak sesuai dengan maksud doa
untuk memberikan adzab dan kehancuran bagi kaum kuffar.
WEBPAGE PRIBADI
ABU SALMA AL-ATSARI
Free Downloaded Article
ي  ا 
 أ

 ت ل  ال 
HTTP://ABU-SALMA.CO.CC
@ Hak Kopi 2008 Bagi Ummat Islam | http://dear.to/abusalma | http://abu-salma.co.cc | 13
4. Memanjangkan doa dan berdoa keluar dari konteks nâzilah, seperti berdoa
meminta suatu hal yang tidak ada kaitannya dengan bencana.
5. Makmum tidak mengangkat tangan dan mengaminkan bacaan qunut imam.
6. Mengusap wajah dengan telapak tangan setelah selesai membaca qunut.
Demikianlah risalah ringkas ini saya susun. Semoga dapat memberikan
manfaat baik bagi diri penyusun sendiri, maupun kaum muslimin lainnya yang
membacanya. Segala tegur sapa, nasehat masukan dan kritikan penyusun
terima dengan lapang dada, dan jangan segan untuk mengingatkan penyusun
apabila ada kesalahan atau kekurangan dari artikel di atas. Semoga Alloh
Subhânahu wa Ta’âlâ segera mengangkat kezhaliman dan penindasan yang
dialami saudara-saudara kita kaum muslimin di bumi Palestina dan selainnya,
dan menghancurkan serta memporakporandakan barisan kaum kafir yang
memerangi kaum muslimin.
وبالله التوفيق، والحمد لله رب العلمين.

No comments: