Friday, April 11, 2008

Rp 135 juta tak cukup

umat, 11 April 2008

PURWOKERTO - Meski sudah menelan biaya Rp 135 juta, namun biaya pelantikan pasangan bupati terpilih, Marjoko-Ahmad Husain yang digelar hari ini, Jumat (11/4) masih kurang. Kabag Humas Pemkab Banyumas, Ahmad SUpartono mengatakan, kekurangan tersebut akan diambilkan dari dana talangan.

Namun, Supartono menolak menyebut jumlah nominal kekurangan dana untuk pelantikan. Ia hanya memastikan kekurangan dana pelantikan di atas Rp 100 juta.

"Kurangnya lebih dari Rp 100 juta. Kalau jumlah pastinya belum bisa dilihat, karena proses persiapan masih berjalan. Sesudah acara pelantikan baru bisa dirinci total biaya pelantikan, " jelasnya, Kamis (10/4).

Sementara itu, anggota panitia anggaran legislatif, Anang Agus Kostrad mengatakan, pihaknya belum mengetahui soal kekurangan anggaran pelantikan yang akan diajukan dalam perubahan nanti.

Jika memang ada kekurangan, lanjut Anang, maka tidak bisa ditambahkan saat ini. Mengingat perubahan APBD baru dibahas antara bulan Juni-Juli.

"Kita belum mengetahui soal kekurangan dana pelantikan tersebut. Kalau eksekutif mau mengajukan dalam perubahan anggaran memang bisa, tetapi pembahasannya masih dua-tiga bulan ke depan. Artinya, kekurangan tersebut harus memakai dana talangan terlebih dahulu, mungkin bisa diambilkan dari pos operasional bupati. Kalau nanti dalam perubahan disetujui, dana tersebut bisa dikembalikan, " jelasnya.

Rp 300 juta
Menurut salah seorang sumber di Pemkab Banyumas, total dana pelantikan pasangan bupati terpilih mencapai Rp 300 juta. Pasalnya, saat ini saja jumlah dana yang sudah dikeluarkan Rp 135 juta, kemudian kekurangan dana masih di atas Rp 100 juta.

Saat dikonfirmasi mengenai nominal tersebut, Anang mengaku tidak mengetahui. "Saya tidak tahu kalau total biaya pelantikan sampai Rp 300 juta," katanya.

Personel pengamanan pelantikan juga bertambah. Semula Kapolres Banyumas, AKBP Hari Prasodjo mengatakan jumlah personel yang dikerahkan 670 orang. Namun, belakangan jumlah tersebut bertambah hingga 724 personel.

Terkait dana pengamanan ini, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas), Dwi Pindarto mengatakan, dana pengamanan pelantikan sudah masuk dalam dana pengamanan Pemilu Bupati secara keseluruhan.

"Dana pengamanan pilbup mencakup mulai dari proses Pilbup sampai dengan pelantikan pasangan bupati terpilih, sehingga nilai nominal yang pasti untuk pengamanan pelantikan saya tidak tahu, sebab teknisnya ada di Polres," jelasnya. hef-Tj

1 comment:

Celular said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Celular, I hope you enjoy. The address is http://telefone-celular-brasil.blogspot.com. A hug.